Senin, 14 Juni 2010

Perbandingan PLC dengan Jenis Kontroler Lainnya

1) PLC versus Control Relay
Perancangan PLC pada awalnya dimaksudkan untuk menggantikan control relay yang tidak fleksibel. Beberapa keuntungan PLC relative terhadap control relay untuk pengontrolan mesin atau proses di antaranya adalah :
 Bersifat softwire, artinya fungsi control dapat secara mudah diubah dengan mengganti program dengan software.
 Implementasi proyek cepat
 Pengabelan relative sederhana dan rapi
 Monitoring proses integrasi

2) PLC versus Mikrokontroler
Mikrokontroler pada dasarnya adalah sebuah komputer yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas kontrol. Secara fungsional, PLC dan mikrokontroler ini hamper sama, tetapi secara teknik pengontrolan mesin atau plant dengan mikrokontroler relative lebih sulit. Hal ini terkait dengan perangkat keras dan perangkat lunak dari mikrokontroler tersebut. Dalam hal ini, pengontrolan mesin atau plant dengan mikrokontroler memerlukan perancangan pengondisi sinyal tambahn pada port input/output-nya dan umumnya pemrograman mikrokontroler ini dengan menggunakan bahasa assembler yang relatif sulit dipelajari.

3) PLC versus Personal Computer (PC)
Dengan perangkat antarmuka tambahan misalnya PPI 8255, sebuah PC dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan luar tetapi filosofi perancangan PC tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai perangkat pengontrolan melainkan hanya sebagai pengolah data ( misalnya PC tidak dirancang untuk ditempatkan pada lokasi dengan gerakan ekstrim yang umum dijumpai di pabrik).
Dalam sistem kontrol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar